Selasa, 07 Juni 2016

Yuk, Silaturrahim

 


Assalamua'alaikum...

Alhamdulillah, kita dipertemukan dengan bulan yang mulia ini. Bulan Ramadan. Semoga kita bisa mengisi hari-hari di bulan ini dengan memperbanyak amal ibadah. Semoga kita semua mendapat derajat taqwa. Amiin.

6 Juni 2016 atau tepatnya 1 Ramadan 1437 H adalah hari pertama di bulan Ramadan. Jujur aja sih, saya  merasa rugi di hari pertama ini. Kenapa? Bayangin aja, saya tidur habis shalat subuh eh bangun udah jam 7 pagi. Itu pun dibangunin sama anak saya. Wah, kelimpungan kan saya jadinya. Mana cucian piring numpuk, cucian baju di mesin cuci ikut melambai, belum lagi setrikaan yang menggunung karena udah sejak kapan hari saya belum berniat mencicil nyetrika. 

Langsung deh saya bergegas beberes ini itu. Pokoknya harus selesai sebelum jam sebelas, tekad saya. Iyalah, saya kan juga mesti masak buat buka. 

Rabu, 01 Juni 2016

Membaca, Memahami, Mengoneksi





Saya beneran jatuh cinta sama kutipan yang saya jadiin judul artikel ini. Kutipan itu saya dapat dari halaman terakhir novel biografi Muhammad SAW karya Kak Tasaro GK. Nanti saya ceritain secara singkat tentang buku ini di bawah. Kutipan itu sejenis dengan daftar pustaka kalau di makalah-makalah atau buku-buku lainnya. Kedengaran asyik kan bacanya. Dengan kutipan itu, saya kayak diajak nggak hanya membaca tapi juga memahami isinya sekaligus menghubungkannya dengan kehidupan untuk kita terapkan kemudian. 

Hmm... jujur saja sih, saya ngerasa tersindir banget. Ya, dari sekian banyak buku yang saya baca, cuma sedikit yang saya pahami isinya. Kebiasaan buruk saya adalah saya hanya membaca buku yang saya beli itu cuma sekali. Terus disimpan. Jadi jangan heran kalau minjem buku saya yang udah dari kapan tahun, tapi sampul masih rapi nyaris kayak baru. Ini mungkin yang bikin Pak Suami jadi rusuh pengen ngejual koleksi saya. Katanya kalau buku-buku saya dijual udah bisa buat beli rumah. Lebay banget, kan? Saya monyong dibuatnya. 

Nah, ini ceritanya lagi blogwalking, terus nemu giveaway-nya Mbak Anne Adzkia, ndilalah temanya pas banget dengan curhatan saya soal koleksi buku-buku saya. Akhirnya saya puas-puasin deh curhatnya. Hehehe.