Kamis, 08 Juni 2017

Menghargai Privasi Anak

Aisha punya sebuah foto yang sangat dia benci. Bencinya itu sampai level dia nafsu banget buat nyobek-nyobek itu foto. 

Itu sebenarnya juga fotonya dia. Gambarnya dia. Cuma yang bikin dia nggak suka, karena dalam foto itu dia lagi mewek. Mbah Kakungnya jahil banget motoin dia dengan wajah kayak gitu. Udah gitu iseng pula dicetak dengan ukuran gede. Begitu Aisha lihat fotonya dipajang, ya udin ngamuklah dia. 

Asal tahu aja, itu foto waktu Aisha umur 4 tahun. Now, she's 8 years old. Imagine that! 4 tahun. Dan dia masih sebel sama fotonya itu.


Terus apa alasan saya masih nyimoen fotonya itu? Cuma satu. LUCU. Ya ekspresinya, raut mukanya, pokoknya saya dan mbahnya sepakat itu foto bakal jadi legendaris saking lucunya. 

Senin, 05 Juni 2017

Horornya Jadi Orangtua Jaman Sekarang

Seharian ini di grup WA beredar berita tentang siswi SMP yang gantung diri setelah dimarahi ibunya karena nilai ujian nasionalnya yang jauh dari kata memuaskan. Walau, ya, lulus. 

 

Seketika air mata saya mengalir. Ah, saya emang baperan. 

Sakit hatikah si anak itu? Atau sang bunda yang begitu kecewa pada anaknya? 

Kalau saya bilang mungkin keduanya. Tapi dengan alasan yang berbeda. Mungkin si anak merasa dia sudah belajar mati-matian, rela begadang agar kelak bisa melanjutkan ke SMA yang diharapkan, berdoa siang malam, lelah fisik dan batin karena harus ikut tambahan pelajaran yang cukup menyita energi, tapi hasilnya malah buruk. 

Kamis, 01 Juni 2017

7 Ucapan yang Sebaiknya Tidak Dikatakan Saat Mengunjungi Orang Sakit

AGAIN

AND AGAIN

Ada keluarga pasien yang datang ke nurse station sambil menahan tangis. Beliau datang untuk minta penjelasan atas sakit yang diderita oleh anaknya. Sebagai perawat, saya hanya menjelaskan sebatas kewenangan saya. 

Saya tanya kenapa kok sesenggukan gitu. Katanya beliau baru dijenguk tetangganya yang berkomentar nylekit. Si tetangga bilang, sakit anaknya parah. Udah kategori gawat. Beliau tanya pada saya apa benar begitu. Lalu setengah jam lebih saya mengedukasi beliau dan anaknya, tentu saja masih di jalur kewenangan saya.
.
.
DISCLAIMER : Kejadian ini udah beberapa hari yang lalu. Konsep tulisan ini juga udah lama ngendap di notes hape. Lupa. Ni baru sempet dieksekusi. LOL.




Waduh, gimana kalau keluarga kamu yang dapat omongan begitu. Perawat bukan, dokter bukan, kok bisa-bisanya bilang sakit parah. Udah gawat.