Minggu, 04 Februari 2018

Apa Saja yang Wajib Ada di Kotak P3K?

Pagi, Buibu... Mudah-mudahan Buibu dan keluarga sehat selalu yaa...
Nah, di postingan kali ini saya akan buka kartu. Bukan kartu kuning yang jelas. Hehehe. Saya ingin share apa aja sih barang atau obat yang kudu ada di kotak P3K.
.
.
Sekarang kotak P3K nggak lagi identik dengan ruang kesehatan. Menurut saya, kotak P3K ini wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Nggak harus berwujud kotak gitu yang mirip di klinik atau ruang kesehatan. Bisa dimodifikasi kok. Pake barang bekas pun tak apa. Yang penting kan isinya, bukan kotaknya. Hehehe. Ya iyalah, buat apa punya kotak P3K tapi nggak ada isinya. Atau malah diisi barang lainnya yang nggak ada hubungannya dengan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan.
.
.
Kecelakaan di sini maknanya lebih luas. Karena kecelakaan bisa terjadi di mana saja. Nggak harus di jalan raya. Misalnya, kecipratan minyak panas saat masak, jatuh dari sepeda, anak ujug-ujug demam... Pokoknya semua yang menimbulkan rasa sakit bisa dibilang kecelakaan. Eh, kecuali rasa sakit ditinggal mantan. Uhuk...
.
.
Itulah sebabnya kita perlu semacam persiapan, karena kecelakaan nggak pernah bisa kita prediksikan. Kalo kita udah siap, seenggaknya kita nggak terlalu panik saat kecelakaan itu datang.
.
.
Okey, sekarang mari kita intip apa isi kotak P3K di rumah saya. Ini mungkin sedikit ada rasa-rasa medisnya. Hehehe. Maklum punya basic medis bikin saya kadang jadi lebay. Kalo mau ditiru ya silakan. Nggak juga nggak apa-apa. Kan kebutuhan tiap keluarga itu berbeda. Hehehe.
.
.
Yuk, cekidot.

1. Kassa steril dan plester
Saya selalu memastikan kassa steril ini ada minimal satu kotak. Kenapa? Karena kassa penting banget buat nutup luka, terutama luka teriris pisau. Plesternya juga harus ada. Kedua barang ini bisa Buibu dapetin di apotek. Harganya pun murah meriah. Untuk plesternya kalo alergi plester coklat bisa pakai hipafix, plester putih yang lebih lembut dan nggak gampang tembus air. Harganya lebih mahal dong ketimbang plester biasa yang berwarna coklat. Monggo sesuaikan saja dengan kebutuhan. Karena emang ada beberapa pasien yang kulitnya nggak bisa kena plester coklat.

2. Povidon Iodine
Bahasa terkenalnya adalah betadine. Ini wajib ada. Nggak perlu dijelaskan lah ya tentang fungsinya. Hehehe

3. Cotton buds
Nggak cuma buat bersihin telinga. Cutton buds bisa untuk mengolesi luka. Karena sebenarnya, ujung povidon iodine itu nggak boleh menyentuh luka secara langsung. Harus pake media. Seperti cutton buds atau kassa. Boleh ditetesin langsung ke luka asal nggak nyentuh lukanya. Paham kan ya..

4. Obat tetes mata
Ini yang paling dicari kalo mata mendadak terasa perih, gatal atau tiba-tiba keluar kotoran yang lebih banyak dari biasanya. Biasanya itu awal mata terkena konjungtivitis, kalo orang Jawa bilang, beleken. Atau ada kotoran yang masuk ke mata, debu dan sebagainya. Jangan kucek-kucek mata ya Buibu, langsung aja ditetesin obat tetes mata. Insya Alloh segala yang mengganjal di mata akan keluar.

5. Albothyl
Ini nggak boleh ketinggalan. Kalo habis harus segera beli. Soalnya masalah sariawan itu mengganggu banget. Albothyl jadi andalan saya dan keluarga saat ada tanda-tanda mau muncul sariawan.

6. Salep kulit
Hehehe, ini juga kudu nangkring soalnya saya suka sebel sama rangen yang tiba-tiba datang dan bikin gatal sela-sela jari kaki.

7. Obat-obatan
Ini yang paling penting. Obat-obatan yang selalu tersedia antara lain :
­čĺžparacetamol
­čĺžobat penurun demam untuk anak-anak. Aisha cocok minum contrexyn.
­čĺžgastran
Obat lambung ini cocok untuk semua anggota keluarga. Jadi, kalo muncul nyeri di ulu hati, kembung, perut terasa sebah, ya langsung aja minum gastran.
­čĺžomeprazol tablet
Ini obat lambung juga cuma cara kerjanya beda. Diminum, kalo udah dikasih gastran tapi perut masih terasa nggak enak. Biasanya dikasih jeda waktu dari saat minum gastran. Dan cukup diminum 2x sehari. Jujur, walau tersedia, tapi jarang diminum.
­čĺžintunal F
Ini adalah obat flu. Kami sekeluarga cocok sama obat ini. Jadi kalo udah mulai bersin-bersin, hidung mulai meler, tenggorokan gatal, nggak pake lama, minum intunal dan istirahat. Buat Aisha lebih cocok yang syrup, tapi nggak saya stok. Saya beli mendadak kalo dia flu batuk
­čĺžasam mefenamat
Obat nyeri ini biasanya jadi pilihan kalo sakit gigi menyerang.
­čĺžkaltrofen suppo
Obat ini ampuh untuk mengurangi nyeri. Bentuknya peluru dan dimasukkan lewat anus. Dan disimpannya di kulkas. Hehehe. Walau nggak masuk kotak P3K, saya berusaha memastikan kulkas saya ada obat ini, soalnya saya sering mendadak colic di perut.
­čĺžbetahistine
Ini obat untuk vertigo. Sedia sedikit sih, sebab saya pernah ujug-ujug kepala rasanya muter-muter.
.
.
Lumayan banyak ya obat-obatan yang tersedia. Nggak usah nanya antibiotik yaa, karena beli antibiotik itu nggak boleh sembarangan. Harus pake resep dokter. Nggak bisa ditawar lagi.
.
.
Sekarang barang apa aja yang nggak masuk kotak P3K tapi harus ada di rumah.

1. Minyak kayu putih dan minyak urut
Walau nggak masuk kotak P3K, kedua barang ini bisa ada di mana saja di rumah saya. Hehehe.

2. Nursing kit
Isinya tensimeter, stetoskop, dan termometer.

3. Glukotest
Alat buat ngecek gula darah beserta stiknya. Saya harus punya karena ayah saya terkena diabetes. Jadi bisa ngecek kadar gula darah sewaktu-waktu.

4. Medikasi set
Isinya alat-alat untuk keperluan membersihkan luka. Kalau mau dipakai harus disteril dulu.
.
.
Mama saya beda lagi. Bagi beliau, kotak P3K cuma menuh-menuhin ruangan. Kata blio lagi, kalo mau cari P3K itu ya di kebun. Batuk-batuk? Petik jeruk nipis, peras airnya, kasih kecap manis. Mual muntah? Ambil beberapa siung kunyit, sebagian dibakar. Lalu yang mentah dan yang matang diparut, trus airnya diperas untuk diminum. Pas saya tiba-tiba ada benjolan kecil di bawah dagu dan terasa nyeri, mama saya nyuruh saya ngambil 5 lembar daun sirsak. Direbus. Airnya diminum. Alhamdulillah, seminggu kemudian benjolannya udah menghilang.
.
.
Saya pribadi tentu saja setuju dengan pendapat mama saya. Tapi entahlah kalo kotak P3K di rumah saya kosong kok rasanya gimana gitu ya.. ­čśé pengen segera diisi ­čśä
.
.
Gimana dengan Buibu? Apa aja nih isi kotak P3K nya?

#satuharisatukaryaiidn



Tidak ada komentar :