Kamis, 01 Februari 2018

Ketika Anak Hobi Nonton Televisi

(ciricara.com)
Jaman sekarang sulit ya Buibu supaya anak nggak terkontaminasi sama televisi. Bisa dipastikan televisi hampir dimilikinoleh setiap keluarga. Televisi juga jadi semacam hiburan gratis saat nggak bisa ke mana-mana. Informasi juga gampang banget diperoleh dari benda elektronik yang satu ini. Apalagi acara gosip dan sinetron, wuihh... penggemarnya banyak banget dan biasanya emang paling dicari saat nonton televisi. 

Bagaimana dengan si kecil? Apakah Buibu dan suami suka nonton bareng si kecil? Jika iya, saya yakin pasti Buibu akan mendampingi si kecil saat nonton acara yang memang untuk usianya. Bahkan mungkin ada yang berlangganan TV kabel supaya bisa nonton Baby TV, Disney Channel atau Cartoon Network. 


Saya pribadi udah nyabit TV kabel sejak Aisha masuk SD. Iya lah, di SD udah mulai serius. Dan saya kuatir Aisha jadi lebih sering nonton tv sehingga nggak mau bersosialisasi dengan teman-temannya. Gimana dengan Buibu? Masih berlangganan tv kabel demi si kecil? 

Sebenarnya intensitas anak nonton tv dioengaruhi kebiasaan orangtuanya juga. Saya punya teman, dia dan suaminya nggak hobi nonton tv ya anak-anaknya juga nggak begitu interest sama tv. Kan ada ya yang kalo makan harus nonton tv, belajar ada tv, pokoknya si anak mau apa aja kudu nonton tv. Aisha juga kadang gitu, tapi tentu saja sama saya batasi banget nonton tv-nya. Kuatir jadi kebiasaan aja. Hehehe. 

Saya punya tips supaya anak nggak terbiasa nonton tv : 

1. Buat kesepakatan sama anak, boleh nonton tv jam berapa aja dan juga waktunya berapa lama. 

2. Alihkan perhatian anak dengan bermain permainan lainnya, kalau perlu undang teman-temannya main ke rumah kita.

3. Bermain bersama anak juga bikin anak lupa dengan hobi nonton tv-nya.

4. Belikan buku yang menarik. Kalau ada pilih yang berhubungan dengan hobi nonton tv. Biasanya kalau lewat buku, anak jadi lebih mudah memahami.

5. Pantau juga apa yang anak tonton ya Buibu. Saat kita masak, misalnya, nggak ada salahnya kita sambil lirik-lirik ruang keluarga, anak lagi nonton film apa.

So, menurut saya sah-sah aja, anak suka nonton tv asal kita tetap memantau waktu dan juga jenis tontonannya. Kan anak jadi anteng selama kita masak atau bersih-bersih. Hehehehe...

Gimana dengan Buibu, punya tips apa nih supaya anak nggak terbiasa nonton tv? Share dong... ^^

#satuharisatukaryaiidn

Tidak ada komentar :